• Wisata

    Tempat Wisata di Jawa Tengah ini Punya Pesona yang Layak untuk Dinikmati

    View dari Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng

    Jalan-jalan memang aktivitas yang masuk dalam to do list pertama saat liburan tiba. Jangan lupa, untuk mengajak beberapa kerabat atau keluarga, biar liburan jadi lebih seru.

    Berbicara mengenai holiday, maka ada salah satu wilayah di pulau Jawa yang menawarkan beragam destinasi wisata sangat menarik. Ya, daerah mana lagi kalau bukan provinsi Pulau Jawa.

    Dengan luas wilayah sebesar 32.548 km persegi, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang tersebar di penjuru kota maupun kabupatennya. Mulai dari wisata alam gunung, pantai, sampai dataran tinggi yang sayang untuk dillewatkan.

    Penasaran? Yuk kita simak rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah berikut!

    View dari Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng

    Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara-Wonosobo

    Dilihat dari sisi bentuk alamnya, maka Jawa Tengah tak hanya berupa dataran rendah yang berujung pada pantai, melainkan terdapat pula dataran tingginya. Secara adminstratif, Dataran Tinggi Dieng ini termasuk dalam kabupaten Wonosobo.

    Ada apa sih di tempat wisata alam ini?

    Jangan salah, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini menawarkan beberapa daya tarik bagi wisatawannya seperti keberadaan Telaga Warna dengan kondisi airnya yang sering berubah. Menurut informasi, perubahan warna tersebut dipengaruhi oleh kadar sulfur didalamnya yang tinggi.

    Tak hanya Telaga Warna, di Dieng juga ada kawah Sikidang dengan aktivitas vulkaniknya yang tergolong tinggi. Bentuk kawahnya juga datar sehingga Anda dapat mengamati gumpalan asap kawah yang terdapat kandungan belerang.

    Gunung Merbabu, Boyolali

    Setelah berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, cobalah untuk main ke tempat wisata Boyolali di Gunung Merbabu. Destinasi ini cocok bagi Anda yang suka mendaki gunung. Jangan khawatir, medannya tidak terlalu sulit koko untuk didaki bahkan bagi pemula sekalipun.

    Puncak Gunung Merbabu, ada di atas ketinggian permukaan laut mencapai 3.142 yaitu Puncak Kenteng Songo. Jika sudah sampai di puncak, pemandangan alamnya tak perlu diragukan lagi. Anda bahkan dapat melihat dua Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing.

    Pantai Menganti, Kebumen

    Jika bosan dengan view di dataran tinggi, cobalah untuk datang ke salah satu tempat wisata di Jawa Tengah berupa Pantai Menganti. Lokasi pantai ini berada di desa Karangduwur, Kebumen. Menganti memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

    Meskipun sulit dijangkau, namun perjalanan Anda akan terbayar usai sampai ke lokasi. Air lautnya yang jernih disertai gradasi warna biru dan hijau yang mempesona, hamparan pasir putih, menjadikan Menganti menjadi salah satu pantai yang patut dikunjungi.

    Brown Canyon, Semarang

    Inilah salah satu destinasi favorit para wisatawan yang ingin menikmat sekuel dari Grand Canyon Amerika. Pasalnya, di Semarang juga terdapat pemandangan serupa di Brown Canyon. Tepatnya, berada di Desa Rowosari, Tembalang. Sebenarnya, wisata ini dulunya bekas galian bukit.

    Kini, lokasinya menjadi perbukitan yang berbatu curam. Nah, batu-batu tersebut berukuran besar dengan warna kecoklatan menciptakan pemandangan yang eksotis.

    Rawa Pening, Semarang

    Ada lagi tempat wisata didaerah Jawa Tengah yang harus dikunjungi yaitu Rawa Pening. Menurut sejarah, dulunya, rawa ini adalah sebuah danau dengan airnya yang dalam.

    Namun, karena mengalami pendangkalan dari hulu Sungai Tuntang, danau tersebut berubah menjadi Rawa Pening. Pesona alam yang dapat Anda nikmat berupa pemandangan tiga gunung sekaligus yaitu Teloyo, Ungaran, dan Merbabu.

    Itulah beberapa daftar tempat wisata di Jawa Tengah yang harus Anda kunjungi saat liburan tiba? Sudahkah diatur jadwalnya?

  • Kesehatan

    Apakah Penyebab Penyakit Jantung Koroner?

    Seperti yang telah disebutkan, penyakit jantung koroner terjadi karena jantung kurang mendapat suplai darah yang dibawa oleh pembuluh darah. Terhambatnya suplai disebabkan pembuluh darah yang tersumbat oleh lemak. Penyumbatan yang menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner disebut dengan aterosklerosis. Aterosklerosis yang terjadi bisa menghambat pembuluh darah sehingga pembuluh darah mengalami pembengkakan. Jika terus terjadi, pembengkakan akan menutupi jantung mendapat suplai darah secara total sehingga jantung tidak bisa mendapat darah seperti seharusnya.

    Aterosklerosis terjadi karena banyak faktor. Tingkat kolesterol yang tinggi menjadi penyebab yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Selain itu, asap rokok juga bisa menjadi penyebab yang lain. Entah perokok aktif ataupun pasif, asap rokok yang terhirup sangatlah berbahaya bagi kesehatan jantung. Orang yang merokok juga tidak sedikit yang mengalami hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyebab selanjutnya mengapa aterosklerosis terjadi sehingga menghambat pendistribusian darah ke jantung.

    Apa saja kategori penyakit jantung?

    Ada dua jenis penyakit jantung yang biasa diderita oleh manusia. Pertama adalah penyakit jantung berupa angin duduk atau angina. Angin duduk disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah menuju jantung sehingga jantung mengalami kekurangan darah. Biasanya napas penderita angin duduk akan terasa sesak. Selain itu, pusing, mual dan gelisah juga akan dirasakan sebagai akibat dari angin duduk.

    Penyakit jantung kedua yaitu gagal jantung. Jantung sebagai organ dalam tubuh yang bertugas sebagai pompa darah agar darah dapat mengalir menuju seluruh bagian tubuh bisa mengalami kegagalan. Jantung juga membutuhkan darah untuk melakukan kegiatan tersebut. Ketika jantung tidak mendapat suplai darah sesuai kebutuhan, pekerjaan itu terasa akan sulit dilakukan. Bila terjadi, itulah yang disebut dengan gagal jantung. Gagal jantung bisa terjadi secara tiba-tiba ataupun secara perlahan atau bertahap.

    Meskipun perkembangan teknologi sudah semakin pesat, tapi bukan berarti semua penyakit yang bisa diderita oleh manusia sudah memiliki obatnya masing-masing. Hal yang harus dilakukan adalah terus menjaga kesehatan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi tubuh dan meninggalkan hal-hal yang mengancam kesehatan tubuh.

  • Gaya Hidup

    Tips Tepat untuk Memilih Pakaian Olahraga Bumil

    Orang-orang biasanya mengenakan baju bebas ketika berolahraga. Ada yang memang khusus memakai pakaian olahraga, ada pula yang memakai pakaian kasual biasa, yang penting dapat digunakan bergerak bebas dan tidak ribet. Namun, ibu hamil memiliki kebutuhan yang berbeda. Bentuk tubuh yang membuncit di bagian perut membuat pakaian olahraga tidak boleh sembarang pilih. Terlebih karena kondisi fisik yang rentan, sehingga pakaian pun diusahakan senyaman mungkin. Beberapa tips untuk memilih pakaian ibu hamil yang tepat adalah sebagai berikut.

    Pilih Celana Olahraga Khusus Ibu Hamil

    Selain pakaian atas, celana untuk ibu hamil juga harus diperhatikan dengan baik. Biasanya celana olahraga capri adalah yang paling direkomendasikan. Meskipun modelnya capri, tapi bahannya pun jangan sembarangan. Celana harus dari bahan elastis dengan kolor yang tidak menyakiti perut. Usahakan tidak sesak ketika dipakai, supaya perut ibu hamil tidak tertekan dan lebih leluasa bergerak.

    Memakai Spot Bra yang Berkualitas dan Kuat

    Apabila Anda tidak suka memakai built in bra, cobalah memakai sport bra untuk menjaga pergerakan payudara. Sport bra yang digunakan sebaiknya yang berbahan menyerap keringat sekaligus kuat, sehingga memberikan kenyamanan ketika bergerak. Anda bisa melapisinya dengan kaus longgar berbahan adem supaya tidak membuat Anda kedinginan.

    Gunakan Jaket Jika Olahraga di Hari yang Dingin

    Ibu hamil biasanya kondisi fisiknya lebih sensitif daripada orang biasa, suhu udara dan kegiatan yang terlalu membebani akan cepat berpengaruh pada kesehatan. Oleh sebab itu, ketika berolahraga juga harus memperhatikan suhu udara hari itu. Apabila terlalu dingin, maka gunakanlah jaket olahraga. Usahakan bukan jaket yang kaku, dan tentu saja harus menyerap keringat.

    Pilihan Baju Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil

    Ibu hamil memang perlu perhatian ekstra, bahkan untuk pakaian olahraga yang dikenakan diusahakan yang paling nyaman dan tidak membebani tubuh. Supaya tujuan dari berolahraga terpenuhi, dan tubuh sang ibu serta calon bayi pun semakin sehat.

  • Kesehatan

    Semua Hal Tentang Penyakit Jantung Koroner

    Sebagai mahluk hidup, penyakit yang mungkin diderita sungguh beragam. Ada penyakit yang tergolong ringan sehingga tidak membutuhkan banyak perhatian, tapi ada pula penyakit yang masuk dalam kategori berat sehingga membutuhkan perawatan yang memadai. Bila sudah demikian, berbagai pola kehidupan diubah agar penyakit yang dirasakan tidak semakin parah. Kebiasaan baik yang lama tidak dikerjakan seperti olah raga bisa dimulai kembali untuk rutin dilakukan.

    Salah satu penyakit dalam kategori berat yang biasa menyerang manusia adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian dengan presentase paling tinggi. Sekitar 45% penyebab kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Tentu saja hal tersebut sangat mengkhawatirkan. Melihat kebiasaan orang Indonesia yang masih tidak begitu serius menyikapi kesehatan tubuh.

    Penyakit jantung koroner terjadi karena kurangnya aliran darah yang masuk ke jantung. Sedikitnya darah yang masuk ke jantung disebabkan karena penyempitan pembuluh darah yang membawa oksigen dan senyawa lain. Pendistribusian darah terhambat karena pembuluh darah mengalami pembengkakan atau peningkatan jumlah kolesterol. Bila hambatan terus menerus terjadi dan darah benar-benar berhenti masuk ke jantung, itulah yang disebut serangan jantung.

    Dari berbagai hal yang harus dilakukan seperti yang telah disebutkan, peran keluarga sangatlah penting. Pengobatan yang harus dilalui akan terasa lebih mudah untuk dilalui bila dibarengi dengan adanya pemberian semangat dari keluarga. Cukup hal sederhana yang dilakukan agar penderita penyakit jantung koroner bersemangat untuk kembali sehat. Hal sederhana yang bisa dilakukan bisa berupa selalu mengingatkan penderita penyakit jantung koroner untuk rajin mengonsumsi obat atas saran dokter.

    Selain itu, menemani berolah raga juga menjadi hal lain yang bisa dilakukan oleh keluarga. Orang yang tidak biasa menjalankan olah raga secara teratur akan mengalami kesulitan di awal, tapi hal tersebut akan terasa mudah dijalani bila kegiatan itu dilakukan bersama keluarga. Dukungan seperti itu akan terasa jauh lebih berharga bagi penderita penyakit jantung koroner.

  • Tips

    Cara Mengempukkan Daging Sapi yang Mudah dan Cepat

    Meat tenderizer merupakan alat khusus yang digunakan untuk memukul mukul daging. Bagian permukaannya tajam seperti paku yang berfungsi untuk melubangi daging. Jenis yang paling sering digunakan terbuahmt dari stainless steel dan berbentuk kotak.

    Cara menggunakannya. Letakkan daging diatas talenan kemudian pukul-pukul daging beberapa kali. Selain melembutkan daging alat ini juga berguna membuat bumbu jadi lebih cepat meresap ke dalam daging.

    Jahe

    Di dalam jahe terkandung enzim Enzim proteolitik yang berfungsi untuk menguraikan ikatan protein dalam daging sehingga tekstur daging berubah menjadi lebih lembut dan empuk.

    Cara menggunakannya adalah pertama kupas jahe kemudian cuci bersih, setelah itu haluskan jahe menggunakan blender atau di parut, lumuri daging menggunakan jahe yang sudah di haluskan kemudian diamkan selama 15-30 menit.

    Jus Tomat

    Selain menambah citarasa jus tomat juga bisa digunakan untuk melembutkan daging, cara menggunakannya rendam daging selama 2 jam ke dalam jus tomat sebelum dimasak.

    Garam laut

    Marinasi daging menggunakan garam dapat mengempukkan daging karena garam bisa memecah ikatan protein yang ada di dalam daging. Cara menggunakannya cukup mudah. Taburkan garam secukupnya ke atas permukaan daging jenuduatmn ratakan setelah itu diamkan selama 1 jam.

    Kopi

    Siapa yang tak kenal dengan minuman satu ini. Selain nikmat ternyata kopi juga bisa digunakan untuk melembutkan daging. Cara menggunakannya seduh kopi kental menggunakan air panas kemudian diamkan sampai dingin. Rendam daging ke dalam kopi selama 24 jam.

    Banyak sekali cara dan bahan yang bisa digunakan untuk melembutkan daging sapi. Asalkan pemakaian tepat dapat dipastikan anda akan mendapatkan hasil yang optimal. Itulah tadi sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih

  • Tips

    Cara Melembutkan Daging Sapi Tanpa Panci Presto

    Salah satu kendala yang paling sering terjadi saat ingin memasak daging merah terutama daging sapi adalah bagaimana cara membuat daging tersebut menjadi empuk dan lembut. Cara lama yang biasa digunakan untuk mengempukkan daging adalah dengan merebusnya dalam jangka waktu yang lama menggunakan api kecil atau merebusnya menggunakan panci presto.

    Namun jika anda menginginkan daging segar atau tidak memiliki panci presto di rumah cara diatas tentu tidak bisa dipakai. Lantas bagaimana cara mengatasinya??

    Tahukah anda jika ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk melembutkan daging tanpa harus melewati proses pemanasan terlebih dahulu. Bahan bahan tersebut sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bahkan gratis.

    Berikut beberapa bahan dan trik yang bisa anda praktekan di rumah

    Daun pepaya

    Daun pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi untuk memecah protein daging, hmbahan satu ini paling sering digunakan oleh masyarakat untuk mengempukkan daging. Cara menggunakannya cukup mudah pertama remas-remas daun pepaya muda segar hingga keluar getahnya kemudian bungkus daging menggunakan remasan daun pepaya selama 10 menit.

    Nanas

    Jika anda ragu menggunakan daun pepaya karena takut daging menjadi pahit anda bisa menggantinya dengan memanfaatkan nanas. Di dalam nanas terkandung zat bromelain yang berfungsi untuk menguraikan serat-serat daging sehingga daging bisa menjadi lebih empuk dan lembut.

    Cara menggunakannya cuci bersih nanas matang kemudian parut atau haluskan menggunakan blender. Cuci bersih daging kemudian tiriskan, setelah itu lumuri permukaan daging menggunakan nanas diamkan selama 30 menit.

    Minuman bersoda

    Selain enak diminum ternyata minuman bersoda bisa digunakan untuk mengempukkan daging, jenis minuman yang paling sering digunakan adalah cola, kandungan asam dalam cola bersifat katalis yang berfungsi untuk melunakkan daging. Cara menggunakannya cukup rendam daging kedalam cola selama 30 menit.

  • Desain Rumah

    Model Taman yang Banyak Digunakan Zaman Now

    Salah satu bentuk perabotan lain yang bisa membuat tampilan taman menjadi lebih menarik adalah adanya bangku taman yang berbentuk seperti ayunan. Tempat duduk seperti ini akan menampilkan kesan bebas yang bisa mendukung konsep atau tema taman yang akan dibuat. Di tempat duduk tersebut anggota keluarga bisa bercanda dan mengobrol tentang banyak hal. Tempat duduk berbentuk ayunan seperti yang terlihat pada gambar juga bisa digunakan oleh orang tua untuk mengawasi anak-anaknya yang sedang bermain dengan bebas di taman.

    Mainan anak

    Taman bisa digunakan oleh anak-anak untuk melakukan eksplorasi. Salah satu hal yang bisa diletakkan di taman adalah berbagai macam permainan anak. Pada contoh gambar terlihat adanya ayunan, tapi lebih dari itu, ada berbagai macam jenis mainan lain yang bisa dipasang. Hal tersebut juga digunakan sebagai langkah antisipasi agar anak tidak terlalu bermain di luar rumah yang akan membahayakan keselamatannya. Dengan memasang permainan di taman rumah sendiri orang tua akan semakin mudah untuk mengawasi aktivitas sang buah hati.

    Kolam ikan

    Kurang lengkap rasanya bila taman rumah tidak dilengkapi dengan kolam ikan. Kolam ikan ini akan memberikan efek segar yang ditampilkan oleh taman. Ada banyak jenis ikan yang bisa dipelihara di kolam tersebut. Ajaklah anak anda untuk memilih jenis ikan apa yang sangat menyenangkan untuk dipelihara. Kegiatan memberi makan ikan-ikan yang ada juga akan membuat sang anak senang karena memang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

    Proses perawatan taman memang tidak mudah. Untuk itu, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli taman agar taman yang dimiliki selalu terawat dengan rapi dan baik.

  • Desain Rumah

    Desain Taman yang Sangat Enak untuk Dipandang

    Taman merupakan salah satu ruang tambahan yang biasanya dimiliki oleh rumah seseorang. taman selain menampilkan estetika, juga biasanya digunakan sebagai tempat bersantai anggota keluarga. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di taman dengan berbagai macam ornamen yang mendukung. Ornamen tersebut bisa ditata sedemikian rupa agar taman tetap indah untuk dipandang.

    Berbagai macam desain taman coba untuk dibuat oleh para perancang. Desain tersebut dibuat dengan memikirkan banyak kemungkinan, yaitu tentu saja kenyamanan, keindahan dan fungsi dari taman itu sendiri. Bila anda berencana untuk membuat taman di tempat tinggal anda, beberapa saran desain di bawah ini mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan.

    1. Tempat duduk melingkar

    Taman yang dilengkapi dengan tempat duduk yang terlihat seperti gambar sangatlah nyaman untuk digunakan bersama dengan keluarga. Kursi yang dibuat melingkar bisa digunakan untuk anggota keluarga saling bercengkerama, menceritakan kisah dari aktivitas yang telah dilalui beberapa hari terakhir. Dengan melakukan ini, chemistry yang terjalin di antara para anggota keluarga sangat bisa berkembang dan akan semakin kuat. Beberapa acara seperti bakaran atau sejenisnya juga bisa dilakukan di taman rumah seperti ini.

    2. Gazebo

    Pasti anda sudah sangat familiar dengan apa yang disebut gazebo bukan? Benar sekali, tempat seperti pondok ini sangat memungkinkan untuk diletakkan di taman rumah. Gazebo di taman ini sangat memungkinkan untuk digunakan tempat bersantai. Angin sepoi-sepoi akan menyapa anggota keluarga ketika bercengkerama di sana. Tempat ini juga bisa dijadikan alternatif tempat belajar anak bila sedang bosan belajar di tempat yang semestinya. Kesegaran alam akan membuat proses belajar menjadi lebih rileks sehingga anak akan menyerap informasi secara cepat dan efisien.