Menu Tutup

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Kirim Pesan ke HRD via LinkedIn

Sebagai job seeker atau pencari kerja, harapan untuk diterima kerja dengan cepat tentu sangat besar sekali. Berbagai cara mungkin sudah kamu lakukan, mulai dari apply CV ke berbagai macam company, bertanya kepada teman terkait lowongan pekerjaan, atau bertanya langsung kepada HRD via LinkedIn dan menawarkan diri untuk jadi calon karyawan di perusahaan yang bersangkutan.

Nah, kalau kamu ingin melakukan approachment untuk recruitment kepada HRD via LinkedIn, kamu harus mengenal dulu istilah cold message. Cold message adalah sebuah pesan yang kita kirimkan kepada orang yang tidak kita kenal, lalu berharap dapat menjalin komunikasi yang berlanjut dengannya.

Untuk melakukan cara seperti itu kepada HRD, kamu perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:

Hindari kata minta maaf

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat mengirim cold message kepada HRD via LinkedIn yaitu menghindari kata minta maaf.

Pertama-tama, kamu tidak melakukan kesalahan, lalu buat apa minta maaf? Kedua, HRD pasti akan merasa aneh mendengar kata minta maaf dari orang yang baru ia kenal.

Jadi, hindari pesan seperti “mohon maaf, saya ingin bertanya perihal blablabla”

Tulis alasan dengan jelas

Selain kata minta maaf, hindari juga basa-basi yang terlalu panjang saat pertama kali menghubungi HRD. Basa-basi bisa jadi hal yang paling menjengkelkan bagi HRD.

Langsung perjelas alasan kamu menghubungi mereka. Hal ini akan membantu HRD dalam memahami isi pesanmu.

Buat pertanyaan satu saja

Dikarenakan kamu baru pertama kali menghubungi HRD, sebaiknya tanyakan satu pertanyaan saja, jangan lebih.

Jika kamu mengajukan banyak sekali pertanyaan, otomatis HRD akan malas menjawabnya. Terlebih, mereka pasti sedang sibuk dengan pekerjaannya.

Buat kalimatmu sendiri, jangan asal copy paste

Etika dalam mengirim pesan yaitu membuatnya sendiri, bukannya menyalin dari tulisan orang lain. Oleh karena itu, tulis saja sesuai kemampuanmu.  Lebih baik seperti itu daripada hanya menyalin tulisan orang.

Cari koneksi terlebih dahulu

Disarankan, sebelum mengirim pesan ke HRD, kamu mempunyai koneksi di perusahaan yang bersangkutan. Dengan demikian, kamu jadi lebih percaya diri saat mengirim pesan ke HRD. Tidak menutup kemungkinan, HRD juga akan dengan cepat menjawab pesanmu.

Itu dia lima hal yang harus diperhatikan sebelum mengirim pesan ke HRD. Pendekatan bagi HR di LinkedIn bisa jadi langkah yang tepat bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.