23 Juli 2024

Menjadi salah satu ilmu yang banyak diminati, ternyata ada banyak sekali manfaat akuntansi, baik itu untuk kehidupan sehari-hari atau kepentingan perusahaan. Jadi, tidak ada salahnya untuk belajar ilmu tersebut.

Pada kali ini akan dijelaskan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan belajar dan menerapkan akuntansi, terutama dalam urusan bisnis atau perusahaan. Manfaat tersebut bisa berupa internal maupun eksternal.

Setelah memahami beberapa manfaat yang akan dijelaskan berikut ini, Anda akan lebih bersemangat dalam mempelajarinya. Bahkan, untuk belajar sekarang cukup banyak akses yang bisa digunakan seperti artikel di internet, jurnal online, dan masih banyak lagi sehingga tidak ada alasan untuk tidak belajar.

Peran Akuntansi

Sebelum membahas tentang manfaatnya, akan lebih baik jika Anda juga mengetahui apa saja peran akuntansi untuk sebuah bisnis atau perusahaan. Berikut adalah beberapa poin di antaranya.

  • Menjadi tolok ukur kemajuan sebuah perusahaan
  • Menjadi sumber informasi untuk membuat laporan keuangan
  • Menghitung pajak yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan
  • Menjadi alat pertimbangan untuk investor untuk menanamkan modalnya

Beberapa Manfaat Akuntansi

Seperti telah disebutkan di bagian awal, ada beberapa manfaat dari akuntansi untuk sebuah perusahaan. Lalu, apa saja manfaat tersebut?

1. Menyediakan informasi untuk investor

Dalam membangun sebuah bisnis memang diperlukan investor untuk menanamkan modal di perusahaan tersebut. Dengan begitu, bisnis bisa berjalan menggunakan modal tersebut.

Akan tetapi, dari pihak investor tentu juga akan berhati-hati menanamkan modal, apalagi jika perusahaan tersebut dianggap tidak prospektif. Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan adalah laporan keuangan yang dibuat oleh pihak akuntansi.

Apabila laporan keuangan menunjukkan angka yang bagus, maka investor akan lebih mudah untuk percaya. Begitu juga sebaliknya, ketika laporan keuangan tidak baik, mereka akan berhati-hati dan mungkin menolak berinvestasi.

2. Sebagai pertimbangan untuk rekan bisnis

Selain investor, perusahaan juga memerlukan rekanan bisnis untuk saling membantu dalam hal tertentu. Sama halnya dengan sebelumnya, laporan keuangan yang dibuat oleh bagian akuntansi memegang peranan yang cukup penting.

Semakin baik kondisi keuangan, maka semakin besar kemungkinan pihak lain mau bekerja sama. Hal tersebut dikarenakan mereka pasti juga akan mendapatkan timbal balik yang menguntungkan.

3. Menjadi alat pertanggungjawaban

Manfaat akuntansi yang berikutnya adalah menjadi alat pertanggungjawaban, terutama dalam hal aktivitas keuangan sebuah perusahaan. Dengan laporan keuangan yang dibuat, maka perusahaan bisa menilai apakah arus keuangan sudah berjalan baik atau belum.

4. Sebagai alat pengendali dan pengawas

Seluruh aktivitas keuangan akan dicatat dengan sangat detail. Dengan begitu, catatan ini bisa menjadi pengawas untuk menghindari pemalsuan data atau penyelewengan dana.

Ketika terdapat data yang tidak sesuai dengan kenyataan atau ada perhitungan yang tidak tepat, artinya harus ada hal yang diselidiki. Jadi, peran akuntansi di sini memang sangat penting karena berkaitan dengan kelangsungan perusahaan.

5. Sebagai bahan pertimbangan kebijakan

Terakhir, manfaat akuntansi adalah menjadi bahan pertimbangan sebuah perusahaan untuk membuat kebijakan. Tentu saja kebijakan ini akan didasarkan dengan kondisi keuangan yang sudah dicatat sebelumnya.

Sebagai contoh, ketika arus pendapatan lebih rendah dibandingkan pengeluaran, maka perusahaan bisa membuat kebijakan atau aturan untuk menekan angka pengeluaran. Kebijakan tersebut dapat berupa penjualan aset, pengurangan karyawan, dan sebagainya.

Bisa dibilang hal ini sangat penting dan memang harus selalu dipelajari agar nantinya kondisi perusahaan tidak menjadi lebih buruk. Tentunya semua itu juga perlu dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu agar tidak salah mengambil keputusan.

Jadi, itulah tadi beberapa manfaat akuntansi yang perlu Anda ketahui. Apabila tertarik untuk mendapatkan informasi lain terkait bidang tersebut, Anda bisa mengunjungi GuruAkuntansi.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *