Cara Melembutkan Daging Sapi Tanpa Panci Presto

Salah satu kendala yang paling sering terjadi saat ingin memasak daging merah terutama daging sapi adalah bagaimana cara membuat daging tersebut menjadi empuk dan lembut. Cara lama yang biasa digunakan untuk mengempukkan daging adalah dengan merebusnya dalam jangka waktu yang lama menggunakan api kecil atau merebusnya menggunakan panci presto.

Namun jika anda menginginkan daging segar atau tidak memiliki panci presto di rumah cara diatas tentu tidak bisa dipakai. Lantas bagaimana cara mengatasinya??

Tahukah anda jika ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk melembutkan daging tanpa harus melewati proses pemanasan terlebih dahulu. Bahan bahan tersebut sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bahkan gratis.

Berikut beberapa bahan dan trik yang bisa anda praktekan di rumah

Daun pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi untuk memecah protein daging, hmbahan satu ini paling sering digunakan oleh masyarakat untuk mengempukkan daging. Cara menggunakannya cukup mudah pertama remas-remas daun pepaya muda segar hingga keluar getahnya kemudian bungkus daging menggunakan remasan daun pepaya selama 10 menit.

Nanas

Jika anda ragu menggunakan daun pepaya karena takut daging menjadi pahit anda bisa menggantinya dengan memanfaatkan nanas. Di dalam nanas terkandung zat bromelain yang berfungsi untuk menguraikan serat-serat daging sehingga daging bisa menjadi lebih empuk dan lembut.

Cara menggunakannya cuci bersih nanas matang kemudian parut atau haluskan menggunakan blender. Cuci bersih daging kemudian tiriskan, setelah itu lumuri permukaan daging menggunakan nanas diamkan selama 30 menit.

Minuman bersoda

Selain enak diminum ternyata minuman bersoda bisa digunakan untuk mengempukkan daging, jenis minuman yang paling sering digunakan adalah cola, kandungan asam dalam cola bersifat katalis yang berfungsi untuk melunakkan daging. Cara menggunakannya cukup rendam daging kedalam cola selama 30 menit.