Menu Tutup

Cara Menggunakan Genset yang Benar dan Aman

Listrik merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia. Itulah mengapa banyak orang yang selain menggunakan listrik dari PLN juga menggunakan genset sebagai sumber listrik cadangan. Terlebih saat ini juga harga genset sangat terjangkau. Dari mulai harga genset kecil sampai yang besar. Lalu sebenarnya, bagaimana cara menggunakan genset yang aman ?

Cara Menggunakan Genset yang Aman

Tidak seperti listrik dari PLN, maka ketika kamu menggunakan genset sebagai sumber listrik ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah beberapa cara menggunakan genset yang aman.

1. Jangan Meletakan Genset di Ruangan Tertutup atau Dalam Ruangan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebagai cara menggunakan genset yang aman adalah jangan meletakan genset di dalam ruangan. Hal ini karena genset akan menghasilkan karbon monoksida. Sirkulasi udara yang buruk hanya akan membuat udara terkontaminasi dan berbahaya ketika dihirup manusia. Inilah mengapa genset perlu diletakan pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

2. Letakan Genset pada Tempat yang Memiliki Permukaan Datar

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan sebagai cara menggunakan genset adalah pastikan genset tersebut diletakan pada permukaan yang datar. Hal ini karena ketika digunakan maka genset akan menghasilkan getaran. Dengan memposisikan pada permukaan yang datar maka hal tersebut bisa mencegah posisi genset bergeser.

3. Pastikan Selalu Kondisi Bahan Bakar dan Oli Genset

Masalah bahan bakar dan juga oli merupakan hal yang juga perlu kamu perhatikan. Untuk bahan bakar, maka kamu bisa mengisi secukupnya. Namun pastikan kamu tidak membiarkan tangki bahan bakar dalam kondisi yang benar-benar kosong. Sementara untuk oli, maka kamu juga perlu memastikan volumenya sesuai. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan untuk oli adalah rajin mengganti dengan oli baru dalam rentang waktu tertentu.

4. Perhatikan Kondisi Kabel Genset

Masalah kabel juga merupakan bagian penting dalam genset. Karena berfungsi untuk mengalirkan arus listrik, maka pastikan kabel berada pada posisi yang benar dengan kondisi yang baik. Kondisi baik yang dimaksud adalah pastikan tidak ada kulit kabel yang terkelupas. Pastikan juga kondisi kabel tidak berada pada genangan air, hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting. Selain itu, pastikan juga kabel berada pada posisi yang aman.

Itulah beberapa cara menggunakan genset yang aman. Hal lain yang juga perlu kamu pahami adalah masalah cara kerjanya. Jika kamu memposisikan PLN sebagai daya cadangan, maka pastikan tidak ada daya listrik dari sumber lain yang mengalir, dari PLN misalnya. Oleh karena itu, sebelum menyalakan Genset, maka pastikan kondisi MCB untuk PLN berada pada posisi OFF.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.