Penataan Rak Buku Lucu di Kamar Tidur yang Sederhana

Kamar tidur seringkali juga digunakan sebagai tempat kerja atau berfungsi sebagai ruangan yang lain. Salah satu barang yang pasti ditemukan adalah buku. Buku merupakan jendela dunia yang sangat bermanfaat sebagai asupan nutrisi untuk otak. Sebagian orang sangat suka mengoleksi berbagai macam jenis buku dan menikmatinya untuk mencari ilmu atau sekadar membunuh waktu. Beberapa orang juga memiliki hobi membaca buku untuk mengembangkan imajinasi.

Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh penggemar buku adalah menyimpannya agar tetap terawat. Perabotan yang digunakan untuk menyimpannya adalah rak buku. Ada banyak sekali jenis rak buku yang bisa digunakan dalam kamar tidur agar kamar tidak terlihat berantakan. Di bawah ini akan ditunjukkan beberapa saran rak buku yang bisa dipasang di kamar tidur.

1. Menggunakan ruang sempit di atas pintu

Cara ini mungkin tidak sering terlintas di pikiran seseorang. hal ini bukan sesuatu yang salah, mengingat ruang di atas pintu merupakan ruang yang sempit. Namun, ternyata hal tersebut sangat memungkinkan bila digunakan sebagai tempat rak buku. Gunakan setiap sudut yang ada di kamar agar tidak ada ruang yang terbuang sia-sia. Karena lokasi yang cukup tinggi sehingga sulit bila harus menjangkau buku di sana, tempatkan buku-buku yang sudah tidak terlalu sering digunakan agar tidak menyulitkan pergerakan.

2. Rak buku di depan tempat tidur

Cara unik lain untuk menempatkan rak buku dalam kamar adalah dengan meletakkannya di depan tempat tidur. Seperti yang ada dalam gambar, rak buku berbentuk persegi panjang dibuat satu ukuran dengan lebar tempat tidur. Hal ini menjadikan kamar tidur akan semakin terlihat rapi. Bila merasa kesulitan untuk mendapat rak buku yang sesuai dengan ukuran tempat tidur, pesanlah kepada tukang kayu dengan menyebutkan ukuran yang diinginkan. Keuntungan lain yang bisa didapat dengan memesan rak buku sendiri adalah kita bisa menambah desain lain bila ada yang diinginkan, termasuk dengan warna raknya.

3. Rak dengan beberapa sekat

Rak buku pada nomor ini mungkin sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Namun, hal yang membedakan adalah dengan adanya sekat. Sekat tersebut bisa digunakan untuk mengkategorikan buku apa saja yang dimiliki. Dengan melakukan pengelompokan buku-buku, pemilik akan semakin mudah untuk menemukan buku yang sedang dibutuhkan. Hal itu tentu saja akan sangat efektif dan menghemat waktu. Jumlah sekat atau pengelompokan yang ingin digunakan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilik.

4. Rak buku dan lemari penyimpanan di bawah tempat tidur

Tempat tidur seperti memiliki keunikan tersendiri karena bisa dimodifikasi sedemikian rupa mengikuti keinginan sang pemilik kamar tidur. Rak buku dan ruang penyimpanan lain bisa diletakkan di bawah tempat tidur. Cara mengaksesnya pun cukup mudah , yaitu hanya dengan menaikkan tempat tidur dan memasang penahan agar tidak rubuh ketika sedang menggunakan lemari penyimpanan yang ada di bawahnya. Cara ini sangatlah efisien bila digunakan pada kamar tidur yang tidak terlalu luas.

5. Meletakkan rak buku di pojok ruangan

Seperti yang telah disebutkan, jangan sampai ada ruangan dalam kamar yang terbuang percuma. Salah satu ruang yang biasanya luput dari perhatian adalah sudut-sudut kamar. Padahal pada sudut-sudut tersebut kita bisa meletakkan rak yang digunakan untuk menyimpan buku-buku kesayangan. Selain buku, barang lain juga bisa diletakkan pada rak ini.

Ide peletakkan rak di atas semoga bisa dengan mudah dicoba dan bermanfaat.