Menu Tutup

5 Cara Untuk Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Mudah

Pada saat pertama kali membeli smartphone, biasanya kinerjanya masih sangat cepat ketika digunakan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan smartphone tersebut akan menurun. Biasanya ada faktor-faktor yang membuat smartphone jadi lambat. Tetapi tenang saja, Anda dapat gunakan cara mempercepat kinerja smartphone ini untuk meningkatkan performa smartphone Anda.

Cara Meningkatkan Kinerja Smartphone

1. Membersihkan File Cache

Setiap aplikasi smartphone yang Anda instal, pasti memiliki yang namanya data cache dan file sampah saat Anda melakukan uninstall. Jika dibiarkan, data cache yang semakin menumpuk itu dapat memengaruhi kinerja dari smartphone Anda. Untuk itu, lebih baik secara rutin menghapus data cache tersebut. Caranya mudah, buka saja di pengaturan penyimpanan HP dan pilih hapus cache.

2. Non-aktifkan Animasi

Terkadang, untuk membuat smartphone menjadi lebih keren, Anda memilih mengaktifkan beberapa fitur animasi pada aplikasi. Padahal, hal tersebut malah dapat membuat smartphone Anda menjadi lambat. Untuk itu, lebih baik untuk Anda menonaktifkan fitur tersebut agar kinerja smartphone tidak terlalu berat.

Cara untuk mematikan animasi tersebut adalah dengan masuk ke mode pengembang atau developer mode. Caranya cukup masuk ke bagian tentang ponsel dan klik pada build number sebanyak tujuh kali. Selanjutnya cari saja pada bagian animation. Pilih ke speed x0.5 atau untuk lebih maksimal Anda dapat non-aktifkan saja.

3. Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Kinerja ponsel lambat biasanya disebabkan oleh banyaknya aplikasi di smartphone. Untuk itu, agar performa kembali meningkat, Anda dapat uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, beban kinerja smartphone Anda dapat berkurang karena aplikasi background sudah berkurang.

4. Hapus File Tidak Penting

Pada memori smartphone biasanya Anda menyimpan banyak sekali file. Terkadang, dari semua file tersebut ada yang sudah tidak penting lagi. Untuk itu, agar memori menjadi lebih lega, Anda dapat menghapus file-file tersebut. Dengan begitu, kinerja smartphone dapat lebih cepat.

5. Update OS

Jika sudah ada update OS terbaru pada smartphone Anda, sebaiknya segera lakukan update. Dengan update OS, bug akan diperbaiki dan performa smartphone dapat meningkat. Untuk cek pembaharuan sistem, Anda dapat lihat di pengaturan dan buka pembaharuan sistem. Di sana akan muncul pemberitahuan jika sudah ada update OS terbaru.

Itulah lima cara yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat kinerja smartphone. Apabila kinerja smartphone sudah terlalu parah dan tidak dapat diatasi, Anda dapat membeli ponsel baru dengan spesifikasi OS dan memori yang lebih bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *