Cara Memilih Pakaian Olahraga yang Tepat untuk Ibu Hamil Supaya Gerak Lebih Nyaman

Olahraga adalah kegiatan fisik yang tidak memandang usia. Siapa pun bisa berolahraga demi mencapai keadaan jasmaniah yang sehat dan bugar. Bahkan ibu hamil pun tidak luput untuk bisa olahraga. Untuk mendapatkan kenyamanan saat berolahraga, pakaian olahraga pun penting untuk diperhatikan. Apalagi untuk ibu hamil yang pergerakannya terbatas karena terkendala perubahan fisik.

1. Pilih Pakaian Olahraga yang Menyerap Keringat

Pakaian olahraga haruslah yang menyerap keringat, entah itu untuk ibu hamil atau bukan. Sebab, aktivitas berolahraga pasti menghasilkan keringat lebih banyak daripada kegiatan biasanya. Selain menyerap keringat, kain yang digunakan juga sebaiknya ringan supaya tidak membebani tubuh terlalu banyak. Contohnya pakaian yang terbuat dari katun tertentu, atau rayon. Sifatnya yang mudah menyerap keringat dan adem akan memberikan kenyamanan pada ibu hamil.

2. Pakaian Olahraga Elastis akan Memudahkan Bumil Bergerak

Terutama untuk ibu hamil, baju olahraga yang digunakan haruslah elastis. Selain mudah dipakai dan menyesuaikan dengan bentuk tubuh bumil, pakaian elastis juga akan memudahkan pergerakan ketika melakukan senam atau yoga. Contohnya adalah jenis kaus bulit in bra. Selain kainnya elastis, bra yang ada di dalamnya juga bisa menopang payudara ibu hamil supaya tidak mudah bergoyang dan tetap nyaman saat banyak bergerak.

3. Tidak Memakai Pakaian Olahraga yang Terlalu Ketat

Apabila ibu hamil memilih untuk memakai built in bra yang elastis, usahakan memilih ukuran yang tidak terlalu kecil. Supaya bisa menutupi perut ibu hamil, sekaligus tidak membebani tubuh. Pakaian yang ketat akan menyulitkan pergerakan dan kulit pun susah bernapas. Keringat jadi tidak keluar maksimal. Selain itu, pakaian yang ketat akan menyulitkan pernapasan. Padahal tujuan olahraga juga termasuk melancarkan napas.