25 April 2024

Pada sebuah perusahaan, tidak hanya terdiri dari karyawan dan petingginya saja. Terdapat peran konsultan hrd yang mempunyai fungsi penting dalam bisnis dimana terkait dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM).

HR Consultant adalah pekerjaan profesional dalam dunia bisnis atau perusahaan yang mempunyai peran untuk memeenuhi kebutuhan SDM yang berkualitas demi kemajuan. Seorang Konsultan HRD juga memberikan solusi pada tim manajemen.

Dalam mencapai tujuan dan kesuksesan perusahaan, maka pekerjaan akan semakin lebih efektif serta teratur dengan bantuan HR Consultant. Profesi ini akan bekerja secara profesional dimana mempunyai latar pendidikan mumpuni.

Tugas Konsultan HRD

Setelah mengetahui singkat siapa seorang Human Resource Development Consultant, maka sebenarnya sudah bisa memahami tugas umumnya. Namun, secara lengkap Anda dapat menyimak tugas Konsultan HRD sebagai berikut.

1. Mengawasi Kebijakan Perusahaan dengan UU

Tugas pertama dari HR Consultant adalah memastikan kebijakan dan aturan pada sebuah bisnis sudah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Hal ini penting dilakukan sebab tidak semua pemilik usaha serta manajemen internal mengetahui UU Ketenagakerjaan dan PP tentang Tenaga Kerja.

Dengan adanya pihak profesional ini, tentu saja visi misi dan kebijakan usaha akan selarasa dengan UU saat ini sehingga tidak ada risiko bersifat pelanggaran hukum.

2. Melakukan Rekrutmen

Pada momen-momen tertentu, sebuah perusahaan akan membutuhkan SDM dalam jumlah besar atau untuk posisi tertentu. Tidak jarang, kebutuhan ini diperlukan secara mendadak.

Untuk memilih karyawan berkualitas dimana cocok dengan kualifikasi di divisi yang membutuhkan, peran HRD Consultant sangat besar karena dapat memberikan hasil lebih cepat dan terbaik.

3. Memberikan Saran tentang Perangkat Lunak atau Sistem IT

Tugas selanjutnya adalah memberikan saran tentang pemakaian perangkat lunak atau sistem IT untuk memberikan perubahan atau perbaikan. Melalui cara ini, maka karyawan dapat mengerjakan pekerjaan secara lebih efektif serta efisien.

Dalam proses implementasi penggunaan sistem IT, maka akan diberikan pelatihan atau pembelajaran agar pekerja mengetahui guna dari perangkat lunak tersebut.

4. Membuat Pelatihan

HR Consultant juga membuat pelatihan untuk memberikan ilmu tentang inovasi serta tata cara pemilihan SDM berkualitas demi kemajuan bisnis.

Beberapa informasi penting pada pelatihan antara lain, pemakain sistem IT/perangkat lunak canggih, keselamatan kerja, kesehatan, serta aplikasi HR.

5. Menganalisa dan Mengevaluasi Departemen

Sebagai seorang HRD Consultant, tidak jarang juga melakukan pekerjaan mengaudit atau menganalisa kebijakan serta prosedur departemen. Tugas ini dilakukan dengan mengumpulkan data serta dilaporkan dalam bentuk laporan.

Laporan tersebut berisi saran dan rekomendasi untuk menyempurnakan sistem Sumber Daya Manusia pada perusahaan tersebut.

Dengan mengetahui tugas penting seorang konsultan hrd, maka Anda bisa melakukan rekruter jasa tersebut. Pilih konsultanhrd.co.id sebagai solusi consulting and training yang sudah berpengalaman dalam pengembangan Human Resource Development.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *