Desain Rumah

Merawat Tanaman agar Taman Tetap Menawan

Memiliki taman yang indah merupakan dambaan semua orang. Apalagi bila pemilik memang memiliki ketertarikan khusus sehingga setiap detail tanaman bisa selalu menarik perhatiannya. Bagi seseorang yang memiliki modal besar, mereka mungkin akan menyewa seorang pengurus tanaman agar taman yang dimiliki bisa terus terawat. Namun, bagi sebagian orang yang memang membangun taman karena hobi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tanaman bisa bertahan lama.

Banyak orang yang masih menganggap merawat tanaman hanya semudah menyiramnya setiap hari. padahal untuk mendapat taman yang indah diperlukan perlakuan khusus agar tanaman tidak cepat layu. Beberapa cara yang rasanya masih belum dipahami sepenuhnya oleh sebagian besar orang akan dibahas pada artikel ini.

1. Tidak asal menyiram tanaman

Seperti yang telah dikatakan, masih banyak yang mengetahui bahwa kunci dari merawat tanaman hanyalah menyiramnya setiap hari. padahal ada satu perlakuan khusus yang harus dilakukan agar tanaman tetap segar dan tidak cepat mati. Caranya adalah dengan menyiram tanaman dengan cara yang tepat. Cara yang pertama adalah dengan cara menyiram tanaman pada pagi atau malam hari. hal ini dilakukan agar tanaman memiliki cadangan air untuk menghadapi terik matahari yang panas di siang hari.

Cara selanjutnya adalah dengan menyiram tanaman secara merata. Jangan sampai menyiram tanaman hanya pada satu titik. Hindari pula menyiram tanaman sampai ada genangan di sekitar tanaman karena hal tersebut akan membuat berbagai macam penyakit datang.

2. Menjaga asupan sinar matahari

Sinar matahari yang menyinari bumi memiliki manfaat yang sangat banyak bagi keberlangsungan makhluk hidup. Hal itu juga diperlukan oleh tanaman. Agar tidak cepat layu, selalu pastikan bahwa tanaman mendapat cukup sinar matahari. Sinar matahari bagi tanaman berfungsi untuk memperlancar proses fotosintesis. Proses tersebut tidak hanya bermanfaat bagi tanaman itu sendiri, tapi juga mampu menghasilkan oksigen yang berguna bagi hidup manusia.

3. Kelembaban dan suhu harus diperhatikan

Indonesia merupakan negara tropis. Hal tersebut menjadi dasar pemilihan tanaman apa yang cocok ditanam di mana kamu tinggal. Bila berada di kota yang rata-rata cuacanya panas, jangan paksakan untuk menanam tumbuhan yang cocok ditanam di tempat yang membutuhkan suhu rendah. Hal ini akan sangat membantu agar tidak salah pilih tanaman apa yang sekiranya cocok digunakan untuk menghias taman.

4. Gunakan pupuk alami

Pupuk digunakan untuk menambah kesuburan tanaman yang dimiliki. Ada banyak sekali jenis pupuk yang beredar di masyarakat. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai terkecoh dengan iklan yang berisi manfaat pupuk kimia. Bila salah pilih, pupuk kimia justru akan membuat tumbuhan cepat layu. Hal itu dikarenakan kandungan bahan kimia yang ada. coba gunakan pupuk organik yang sangat mudah untuk dibuat dan didapatkan. Hal ini juga akan menghemat pengeluaran biaya untuk merawat tanaman.

5. Jaga kebersihan lingkungan

Hal sederhana selanjutnya yang bisa dilakukan untuk merawat tanaman adalah dengan menjaga kebersihan yang ada di sekitar tanaman. Hal ini sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan tanaman. Selalu bersihkan sampah-sampah yang tidak bisa terurai dalam tanah, seperti sampah plastik atau puntung rokok. Jenis sampah yang tidak alami seperti itu akan membuat kondisi tumbuhan menjadi tidak sehat sehingga dikhawatirkan akan membuatnya cepat layu dan mati.

Cara-cara di atas diharap tidak hanya dilakukan satu atau dua kali, tapi dilakukan secara rutin agar tanaman tetap akan terjaga dan taman akan tetap terlihat indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *