Gaya Hidup

Pakai Kain Tradisional Berikut Ini agar Penampilan Lebih Cantik dan Menawan

Kain tradisional kini sedang menjadi perbincangan di dunia fashion Indonesia karena coraknya yang memiliki ciri khas masing-masing daerah dapat membaur dengan atasan yang sepadan dengan kainnya. Tidak heran kalau sekarang sudah banyak wanita Indonesia yang memadukan atasannya dengan kain tradisional untuk mengeluarkan sisi kedaerahannya.

Memang biasanya atasan batik dipadukan dengan kain batik juga, tapi memadukan atasan dengan bawahan kain tradisional tidak kalah menawannya juga, loh. Anda yang ingin memadukan atasan batik atau apapun bisa memadukannya dengan kain tradisional seperti di bawah ini.

1. Sarung bugis

Sarung bugis merupakan salah satu kain tradisional yang berasal dari Makassar. Seperti kain tradisional pada umumnya, sarung bugis memiliki ciri khas pada desain kainnya, yaitu bermotif kotak-kotak yang ditambahkan dengan benang emas. Kalau dari warna kainnya, kain ini menggunakan warna-warna yang cerah, bahkan sangat terang, seperti kuning, merah, atau hijau.

Orang Sulawesi biasanya menggunakan sarung bugis ini dengan atasan baju bodo atau baju tradisionalnya. Tapi, jika ingin dipadukan ke atasan yang lebih modern, baju blus biasa bisa menjadi atasan yang paling cocok untuk Anda kenakan. Anda hanya perlu memilih blus lengan batwing dan tambahkan pula sedikit aksesoris seperti kalung agar penampilan Anda lebih cantik.

2. Tenun ulap doyo

Kalau jenis kain yang ini berasal dari Kalimantan Timur dan merupakan kain tradisional yang selalu dipakai oleh orang-orang Dayak. Untuk motifnya, tenun ulap doyo termasuk kain yang bermotif unik karena corak alam adalah ciri khasnya, yaitu menggunakan corak flora dan fauna. Bahannya pun benar-benar berasal dari dan diproduksi langsung oleh orang-orang Kalimantan, jadi bahannya sangat kental dengan ciri khas Kalimantan.

Untuk warnanya, jenis kain tradisional ini menggunakan warna terang yang dipadukan dengan warna-warna lainnya. Jadi, dalam 1 kain ini tidak hanya memiliki 1 warna saja tapi juga beberapa warna yang menyatu dengan sangat baik, sehingga sangat cocok untuk Anda yang menggunakan atasan blus atau kebaya modern.

3. Songket lombok

Lombok memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia karena memiliki tempat wisata yang begitu cantik. Tapi siapa sangka Lombok juga memiliki kain tradisional yang sangat menawan untuk dikenakan, yakni songket lombok. Kain tradisional ini bisa Anda pakai dengan memadukannya dengan atasan batik, loh.

Dari warnanya, songket lombok pada umumnya berwarna cerah dan berciri khas motif alam, geometris, atau fauna. Namun, motif-motif tersebut bisa lebih dikreasikan lagi tergantung dari orang yang menenunnya. Hal unik yang ada di kain songket lombok adalah coraknya yang timbul sehingga terlihat lebih menarik.

4. Kain poleng

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Bali, pasti tidak akan asing dengan kain poleng. Ya, kain poleng merupakan kain tradisional yang berasal dari Pulau Dewata Bali dan umumnya dipakai oleh para wanita yang memakai atasan kebaya khas Bali. Meskipun pada awalnya dipakai hanya di saat-saat tertentu, seperti upacara adat atau upacara keluarga, kini kain poleng lebih dimodifikasi ke model lebih modern.

Dulu kain poleng memiliki corak kotak-kotak yang berwarna hitam dan putih saja, tapi sekarang sudah semakin banyak variasi corak-coraknya, sehingga terlihat lebih modern, seperti motif batik yang dipadukan dengan warna cerah dan sebagainya. Kalau Anda menggunakan atasan blus dengan desain simple, bisa memadukannya dengan kain poleng dan Anda pun akan terlihat menawan dan stylish.

Bagaimana? Apakah Anda sudah pernah mencoba kain tradisional seperti di atas? Tidak ada salahnya mencoba bawahan yang berbeda selain kain batik. Selain menunjukkan sisi kedaerahan, kain tradisional tidak kalah cantiknya dengan kain batik, loh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *