Bagaimana Cara Mengobati Jantung Koroner?

Setelah mengetahui bagaimana penyakit koroner terjadi, jangan langsung mendiagnosis diri sendiri atau orang di sekitar mengidap penyakit tersebut. Akan lebih baik bila terlebih dahulu mengunjungi dokter. Dokter akan lebih mengetahui bagaimana penanganan yang tepat bila seseorang memang menderita penyakit jantung koroner. Pada awal pemeriksaan dokter biasanya akan mencari tahu bagaimana penderita mengalami gejala seperti yang biasa terjadi. Selain itu, riwayat yang didapat dari keluarga juga akan dijadikan rujukan. Kesehatan keluarga juga berperan penting terhadap kondisi kesehatan yang dijalani. Selain itu, pola hidup juga hal lain yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung koroner.

Pola hidup yang tidak sehat tidak hanya menjadi penyebab penyakit jantung koroner. Bisa juga penyakit lain juga ikut muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Sebagai langkah awal, bisa terlebih dahulu melakukan refleksi diri bagaimana pola hidup yang dilakukan selama ini. Bisa dirasa kurang sehat, mulailah untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti olah raga teratur, minum air putih yang cukup sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi dan banyak kegiatan lainnya.

Setelah melakukan langkah awal yang telah disebutkan, dokter biasanya akan menyarankan pasien melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan yang dimaksud bisa berupa tes darah, MRI scan, CT scan, angiografi koroner dan lain sebagainya. Pemeriksaan lanjutan tersebut penting dilakukan agar pengobatan yang akan dilakukan bisa berjalan secara efektif. Melalui pemeriksaan tersebut juga akan diketahui tingkat parah atau tidaknya penyakit jantung koroner yang diderita.

Penyakit jantung koroner tidak bisa disembuhkan secara total. Seperti yang telah disebutkan, hal yang harus dilakukan adalah mengubah pola hidup buruk yang dilakukan. Bila telah mendapat perawatan dari dokter, turuti hal-hal pengobatan yang dianjurkan. Selalu patuhi jadwal minum obat sesuai dengan ketentuan dokter. Bila sebelumnya penderita merupakan seorang perokok aktif, hentikan kegiatan tersebut. Asap rokok dengan kandungan negatif di dalamnya sangat tidak baik bagi kesehatan organ dalam tubuh.

Asupan nutrisi yang masuk ke tubuh juga harus selalu diperhatikan. Jantung koroner disebabkan karena adanya lemak atau kolesterol yang menyumbat pembuluh darah, akan lebih baik bila mengurangi jumlah kolesterol tinggi yang masuk ke tubuh. Nutrisi baik lain yang ada dalam kandungan buah dan sayur juga akan sangat baik juga ikut menjadi asupan yang banyak dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung koroner. Setelah asupan nutrisi mendapat perhatian, tubuh juga harus selalu diolah agar tetap sehat. Olah raga yang teratur menjadi salah satu kunci hidup sehat. Olah raga teratur akan membakar kemak berlebih yang ada pada tubuh sehingga penyumbatan pembuluh darah oleh lemak bisa berkurang atau bahkan hilang. Bila sudah demikian aliran darah akan kembali lancar melewati berbagai bagian dalam tubuh.