Destinasi Wisata dengan Panorama yang Indah di Purwokerto Jawa Tengah

Purwokerto merupakan salah satu kabupaten dari wilayah Jawa Tengah. Di daerah ini, selain terkenal dengan budaya bicara ngapak, juga populer dengan beragam tempat wisata yang menarik dan istimewa. Hal tersebut didukung oleh penampakan alam yang beragam seperti dataran rendah sampai dataran tinggi. Nah, kali ini kita akan mengulas beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwokerto, khusus untuk Anda. Stay tuned!

Baturaden

Destinasi wisata pertama yang jangan sampai kelewatan saat berkunjung ke Purwokerto adalah Baturaden. Objek wisata ini terletak di kecamatan Baturaden, Purwokerto. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan pemadangan alam yang menarik seperti kaki gunung Slamet nan indah. Tak hanya itu, Baturaden juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang anak, permainan anak seru, sepeda air, terapi ikan, dan teater pemutaran film anak di pesawat terbang. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengajak keluarga dan si kecil ya!

Miniatur Dunia Purwekerto

Nah, setelah singgah di Baturaden, kecamatan ini juga menyuguhkan destinasi wisata lain yang menarik yaitu small world Purwokerto. Keunikan dari Miniatur Dunia Purwokerto ini, Anda dapat berkeliling sambil menikmati berbagai miniatur dari bangunan keajaiban dunia yang terkenal diseluruh belahan dunia. Sangat cocok untuk mengambil gambar berlatarbelakang pemandangan yang menarik.

Curug Gomblang

Bisa dibilang, Purwokerto ini kaya akan wisata alam yang unik. Tak hanya dataran tinggi, tapi juga curug atau air terjun. Nah, di Purwokerto, terdapat salah satu air terjun yang fenomenal yaitu curug Gomblang. Wisata ini menawarkan keindahan air terjun yang menawan bagi pengunjungnya. Aliran airnya yang tinggi lalu menghantam sungai, memberikan kesegaran yang alami bagi mata yang memandang. Para wisatawan yang ingin mengabadikan momen tersebut, dapat mengambil foto dengan background aliran air curug Gomblang. Tempat wisata ini, berjarak 17 dari kota Purwokerto dan dapat ditempuh melalui perjalanan selama 42 menit saja.

Gunung Slamet

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, Purworkerto juga menawarkan destinasi yang cocok yaitu pendakian di Gunung Slamet. Gunung ini memiliki ketinggian dari atas permukaan laut yaitu 3.428. Tak heran jika Gunung Slamet disebut sebagai gunung tertinggi di provinsi Jawa Tengah dan tertinggi kedua di pulau Jawa setelah gunung Semeru.

Untuk mencapai puncak gunung ini, ada tiga jalur yang dapat dilewati yaitu Baturaden, Kaliwadas, ada bisa juga melalui Bambangan. Namun, dikatakan bahwa rute Bambanganlah yang paling dekat. Namun, jangan khawatir, perjalanan panjang mencapai puncak dapat terobat setelah melihat pemandangan yang indah berupa awan yang terbentang luas. Bisa dibilang, momen tersebut seolah berada di negeri di atas awan. Disarankan untuk mendaki gunung Slamet di musim panas biar jalurnya tidak licin.

Telaga Sunyi

Sesuai dengan namanya, maka salah satu tempat wisata di Purwokerto ini menawarkan suasana yang sunyi karena jauh dari keramaian kota. Namun, jangan bandingkan dengan jumlahnya wisatawan yang berdatangan sehingga Anda tak akan lagi kesepian. Ditambah, pemandangan alam yang memesona, membuat para pengunjung akan merasa nyaman. Air telaga ini sangat jernih dan berasal dari mata air lamai gunung Slamet. Lokasinya berada ditengah hutan dengan udara yang sejuk. Uniknya lagi, para pengunjung diperbolehkan untuk menyelam dan berenang di dasar telaga lho!

Nah, itulah beberapa rekomendasi dari tempat wisata di Purwokerto. Pastika untuk tidak kelewatan satu lokasi pun ya!