Contoh Kerajinan Pasar Lokal Dari Indonesia yang paling Populer

Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia sendiri memang terkenal sebagai Negara yang kaya akan budaya bukan? tidak heran apabila anda akan menemukan berbagai macam hal unik di setiap kota di Indonesia. Salah satunya adalah contoh kerajinan pasar lokal yang ada di Indonesia. Kerajinan khas Indonesia tersebut memang wajib untuk anda ketahui.

Bukan hanya itu saja, produk Indonesia pun ternyata juga sudah cukup popular di luar negeri loh. Sudah ada banyak Negara yang mengakui keunikan dari kerajinan tangan yang berasal dari pasar lokal Indonesia. Salah satu Negara yang sangat suka dengan produk Indonesia adalah Negara prancis.

2. Perak Ceruk Dan Bali

Contoh kerajinan pasar lokal dari Indonesia

Sebagai warga Negara Indonesia, anda juga tidak ingin kalah untuk mengenal lebih jauh bagaimana keunikan kerajinan tangan yang berasal dari Indonesia. Untuk itulah, anda wajib mengetahui contoh kerajinan pasar lokal dari Indonesia yang paling popular. Jadi, ketika anda sedang mengunjungi salah satu kota di Indonesia, anda wajib mempertimbangkan kerajinan pasar lokal sebagai oleh-oleh.

Berikut ini beberapa kerajinan dari pasar lokal Indonesia yang sangat popular.

1. Tas Rajut Dowa dari Yogyakarta

Siapa yang belum pernah ke Yogyakarta? Ya, ini merupakan salah satu kota wisata yang tidak boleh anda lewatkan. Tidak hanya dikenal mempunyai berbagai macam tempat wisata yang kaya akan sejarah, Yogyakarta pun mempunyai kerajinan pasar lokal yang sangat popular loh yakni tas rajut Dowa ini.

Produk yang sudah ada di Yogyakarta sejak tahun 1989 ini memang menjadi buah tangan yang wajib untuk anda bawa loh. Adapun keunikan dari tas ini adalah dibuat secara manual. Tidak heran jika tas pembuatan tas rajut bisa mencapai satu minggu. Karena dibuat dengan cara manual itulah, membuat tas rajut ini punya harga yang relative mahal.

2. Perak Ceruk dan Bali

Untuk anda yang datang ke Bali, maka sempatkanlah untuk membeli Perak Ceruk khas Bali ini. Produk ini pun ternyata menjadi kerajinan tangan pasar yang cukup popular di Bali loh. Ini adalah produk logam dimana sangat popular bagi kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Produk yang terbuat dari perak ceruk biasanya adalah kalung, anting, gelang, bros maupun aksesoris lainnya. Tidak hanya itu saja, motif yang dihadirkan pun ternyata sangat unik dan berbeda.

3. Anyaman tikar panda di Pulau Bawean

Pulau Bawean memang menjadi salah satu tujuan wisata yang ada di Jawa timur yang popular belakangan ini. Tidak hanya mempunyai pemandangan yang cantik saja, pulau ini pun ternyata juga mempunyai kerajinan tangan yang sangat popular yakni anyaman tikar pandan.

Sesuai dengan namanya, bahan yang digunakan untuk menganyam terbuat dari pandan dengan kualitas yang tinggi. Selain tikar, masih ada produk lainnya yang dijual seperti anyaman tas, dompet bahkan sandal.

4. Songkok Awing khas Gresik

Buat anda yang biasanya menggunakan songkok, maka anda wajib membeli songkok awing jika datang ke Gresik. Ini merupakan songkok yang cukup terkenal di kawasan gresik dimana terbuat dari bahan karton untuk bagian dalamnya. Karena terbuat dari bahan kain yang keras, songkok ini tidak mudah jatuh ketika digunakan.

Bukan hanya itu saja, karena bahan luarnya terbuat dari beludru maka membuat pemakaian songkok ini lebih nyaman.

Berwisata ke Kota di Indonesia memang belum lengkap jika anda tidak membeli barang-barang khas dari kota tersebut. Itulah beberapa contoh kerajinan pasar lokal Indonesia yang paling popular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *