Produk Sederhana yang Harus Ada Agar Dapur Semakin Tertata

Ada banyak sekali barang yang berada di dapur. Mulai dari bahan makanan, alat masak, serta perlengkapan yang lain. Semua barang tersebut memang tidak digunakan dalam satu waktu, tapi tentu saja akan berguna ketika ingin menghadirkan hidangan tertentu. Beberapa ibu rumah tangga juga ada yang memiliki hobi untuk mengoleksi berbagai macam alat dapur. Itulah mengapa banyak sekali ditemukan barang-barang di dapur.

Peralatan tersebut haruslah dijaga agar bisa awet atau tahan lama. Tentunya kita tidak ingin alat dapur menjadi cepat rusak karena tidak dirawat, kan? Ada banyak cara atau produk yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang tersebut. Di bawah ini ada beberapa alat yang bisa digunakan.

1. Gantungan panci

Alat dapur berupa panci atau penggorengan merupakan barang yang biasanya selalu ada di dapur manapun. Alat ini digunakan sebagai alas untuk memasak di atas kompor. Panci atau penggorengan lebih banyak disimpan dalam etalase sehingga membuatnya ditumpuk dengan yang lain. Bagi yang memiliki hobi memasak, meletakkan panci dengan cara seperti ini biasanya akan sedikit merepotkan. Apalagi bila sedang membutuhkan wajan yang terletak di paling bawah.

Ada cara lain yang bisa digunakan agar panci tersebut mudah diambil. Caranya yaitu dengan menggantungkan seperti yang terlihat dalam gambar. Cara ini akan sangat menghemat tempat dan waktu karena tidak perlu repot mencari wajan hingga paling bawah. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan agar wajan tidak mudah lecet karena bergesekan dengan barang lain ketika ditumpuk dalam etalase.

2. Rak telenan

Barang lain yang paling sering digunakan adalah telenan. Alat masak ini berguna sebagai alas ketika memotong sesuatu. Biasanya, telenan dibedakan dari ukurannya. Agar lebih mudah mencari telenan, ada baiknya untuk membuat rak sederhana yang dipasang di balik pintu laci yang berada di dapur. Cara ini memang hampir sama dengan gantungan panci, yang membedakan adalah bila sebelumnya panci digantung, kali ini telenan diletakkan dalam sebuah rak.

3. Memberi tanda pada sendok

Masakan atau hidangan biasanya dibuat berdasarkan resep tertentu. Apalagi bila hidangan tersebut tidak bisa menggunakan perkiraan atau bisa dikatakan membutuhkan ukuran pasti dari bahan masakan tertentu. Biasanya kue atau makanan penutup yang membutuhkan takaran khusus. Hal tersebut menyebabkan ada banyak sendok yang bisa digunakan. sendok tersebut memiliki ukuran tertentu yang sesuai dengan kebutuhan.

Agar tidak bingung memilih sendok mana yang tepat dengan resep, ada baiknya untuk memberikan tanda pada sendok sesuai dengan takarannya. Hal ini berguna agar tidak terjadi kesalahan. Orang yang belum terbiasa melakukan kegiatan memasak biasanya masih akan bingung menentukan ukuran. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

4. Laci makanan

Biasanya kita menemukan laci pada perabotan yang sudah ada di rumah. Hal tersebut bisa dimodifikasi untuk menyimpan makanan yang dimiliki. Caranya adalah dengan membuat suatu ruangan khusus yang ditutup dengan pintu. Ruangan ini akan terlihat seperti ruangan pada umumnya. Hal yang menjadi pembeda adalah ketika pintu dibuka, terlihat laci-laci yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis barang.

5. Memasang sekat pada laci

Sekarang, jangan lagi khawatir terhadap barang di laci yang berantakan. Hal tersebut bisa diatasi dengan memasang beberapa sekat sesuai dengan kebutuhan. Barang-barang yang awalnya berantakan agar segera terorganisir dengan baik.

Ada yang sudah tertarik untuk mencoba cara di atas? Selamat berkreasi!